KEMERDEKAAN oleh: Nia Ngodu


Orang yang merdeka adalah orang yang telah terlepas dari setiap ikatan -ikatan dan terbebas dari setiap tekanan.Roma 6 : 17-18 mengatakan " Apakah kamu tidak tahu,bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk menaatinya,kamu adalah hamba orang itu,yang harus kamu taati baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kebenaran? Tetapi syukur kepada Tuhan! Dahulu kamu memang hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah menaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu". ayat ini jelas menyatakan arti panggilan Tuhan Yesus terhadap pribadi kita,bahwa kita dipanggil untuk dimerdekakan dan menjadi hamba kebenaran karena tuan kita yang kita taati adalah jalan kebenaran dan kehidupan.
Orang dapat hidup dalam kemerdekaan kalau dia sudah tahu kebenaran karena hari-hari ini banyak orang-orang yang masih terikat dengan dosa; terikat dengan minuman keras,Perjudian,homoseks,perzinahan dll.Mereka masih dibutakan dengan ilah zaman karena mereka belum tahu kebenaran,bahkan ada yang menolak kebenaran itu sendiri. Yohanes 8:32 "dan kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu". Kemerdekaan yang dikerjakan itulah yang akan memerdekakan kita tetapi kita yang sudah tahu kebenaran,namun tidak melakukannya maka kita tidak mengalami yang namanya kemerdekaan.contohnya: kita tahu kebenaran bahwa ibadah itu mengandung janji tapi disaat ada ibadah kita hanya sibuk dengan pekerjaan kita,itu artinya kita tahu kebenaran tapi tidak mau melakukan maka kita bukanlah orang -orang merdeka. Sebab itu firman Tuhan jangan hanya menjadi pengetahuan belaka melainkan harus menjadi hayat hidup bagi kita.
Ada banyak orang yang sudah terlepas dari ikatan dan tekanan,sudah tahu kebenaran tapi menyalahgunakan kemerdekaan yang Tuhan Yesus sudah berikan ( galatia 5:13) dengan berbagai alasan:
  • Masih sebagai manusia
  • Masih hidup didunia
  • Masih banyak kelemahan/ kekurangan.
 Tanpa disadari alasan-alasan tersebut, hanyalah sarana untuk menyelubungi dosa dan membela diri (Galatia 5 :1 ) supaya kita sungguh-sungguh merdeka,kristus telah memerdekakan kita.Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan".Orang yang sudah bebas dari perhambaan dosa,harus mempunyai komitmen bahwa kita tidak mau lagi dikenakan kuk perhambaan dosa,makanya jangan sampai ada cela terbuka dan dosa masuk lagi kedalamnya.
Disaat kita merdeka bukan berarti tidak ada peperangan lagi,tapi firman Tuhan berkata: walaupun bangsa Israel sudah ditanah Kanaan tapi disana ada roh roh yang harus mereka peranggi sampai mereka menang. ( Bilangan 13:27-30 )
Adapun roh roh yang harus diperangi yaitu:
Orang Amalek : Iri hati
Orang Het       : Penipu
Orang Yebus   : Sayang diri
Orang Amori   : Sombong
Orang Kanaan : Kikir
Orang feris       : Ikut keinginan sendiri
Orang hewi      : Kompromi dengan dunia
Roh-roh yang diatas masih sering ada dalam orang-orang percaya yang sudah dalam kebenaran dan inilah yang harus dimatikan dalam diri setiap orang percaya supaya kemerdekaan kita tidak menjadi sia-sia. 
Kita sudah merdeka atas perkara-perkara dunia atas dosa sejak Tuhan Yesus tersalib,jadi kita tinggal mempertahankannya dengan takut akan Tuhan.Mari kita isi kemerdekaan dengan mengerjakan perkara -
yang sesuai dengan kehendak Yesus Kristus,jangan sampai firman yang ada didalam 2 Timotius 3:7 berlaku atas kita.
Tuhan Yesus Memberkati


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger
SELAMAT DATANG DI RESEP DAN ARTIKEL | DAPATKAN RESEP-RESEP MASAKAN MINUMAN KUE MAKANAN INDONESIA ASIA EROPA DAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA (di) sini (ANDA BISA PASANG IKLAN DI SINI) | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SALAM SUKSES SELALU GBU ALL