Coklat Mengurangi Resiko Komplikasi pada Kehamilan

Riset terbaru menyatakan bahwa mengkonsumsi coklat saat hamil ternyata bisa membantu meminimalkan terjadinya komplikasi serius pada kehamilan, seperti preeclampsia, yaitu hipertensi pada wanita hamil yang membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya"
Dibalik kelezatannya, coklat ternyata memiliki banyak zat yang berguna bagi wanita hamil. Diantara zat tersebut yaitu theobromine yang banyak terkandung dalam dark coklat. Menurut Dr. Elizabeth W. Triche dari Yale University, theobromine berfungsi untuk menstimulus hati, relaksasi pada otot halus dan melancarkan aliran darah. Theobromine juga berguna untuk mengatasi sakit pada dada, tekanan darah tinggi, dan menguatkan arteri.
Kegunaan coklat bagi cardiovaskular serta sebagai pencegah preeclampsia sendiri telah diteliti oleh para ahli dengan melalukan serangkaian tes dan survei terhadap 2291 wanita yang melahirkan bayi tunggal.
Hasil penelitian tersebut mengemukaan bahwa mereka yang memiliki resiko paling kecil terhadap preeclampsia yaitu wanita yang mengkonsumsi coklat paling banyak dan juga para bayi yang tali pusatnya memiliki kandungan theobromine paling tinggi. Sementara wanita yang memiliki kandungan theorobine tinggi pada pembuluh darahnya memiliki resiko 69% kali lebih kecil mengalami komplikasi selama kehamilan dibanding mereka yang kandungan theorobinenya rendah.
Penelitian tersebut juga mengemukaan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 5 porsi coklat setiap minggunya pada semester ketiga  kehamilannya memiliki resiko 40% lebih kecil mengalami preeclampsia dibanding mereka yang mengkonsumsi kurang dari 5 porsi coklat setiap harinya.
Penelitian juga menyebutkan bahwa zat theobromine yang terkandung dalam dark coklat berguna untuk meningkatkan sirkulasi pada plasenta sekaligus sebagai penahan oksidasi stres.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger
SELAMAT DATANG DI RESEP DAN ARTIKEL | DAPATKAN RESEP-RESEP MASAKAN MINUMAN KUE MAKANAN INDONESIA ASIA EROPA DAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA (di) sini (ANDA BISA PASANG IKLAN DI SINI) | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SALAM SUKSES SELALU GBU ALL